Membuat Pompa Vakum Sendiri, Ketahui Risiko Kegagalan Berikut

Industri pengolahan air limbah, obat-obatan, perikanan atau tambak, usaha makanan beku, dan lain-lain membutuhkan peralatan pompa vakum untuk menghasilkan udara yang optimal. Di pasaran, harga pompa vakum industri memang lebih mahal. Namun, harga yang premium sebanding dengan kualitas yang diberikan. Pompa vakum yang menggunakan teknologi canggih telah terbukti aman digunakan untuk keperluan Anda.


7 masalah yang acap terjadi pada pembuatan pompa vakum sendiri 

Anda bisa membuat pompa vakum sendiri dengan memanfaatkan kompresor sederhana. Tentu pengerjaan pompa vakum sendiri memiliki risiko kegagalan yang acap terjadi. Berikut 7 kerusakan yang mungkin terjadi pada pompa vakum buatan sendiri :

1. Motor mengalami kerusakan atau tidak terhubung

Risiko kegagalan yang mungkin terjadi pada peralatan pompa vakum adalah motor rusak atau tidak terhubung dengan optimal. Jika mesin mengalami kerusakan, sebaiknya Anda membawa pompa vakum ke bengkel perbaikan yang terpercaya. 

2. Perataan drive dan poros pelepasan

Pompa vakum bisa tidak berfungsi karena kemiringan yang perlu dihilangkan dengan pemasangan gasket di bawah mesin. Bisa pula kerusakan pada bagian kopling menyebabkan masalah tersebut. Anda wajib mengganti bagian yang mengalami rusak atau cacat tersebut. 

3. Mekanisme pembuangan yang kurang bagus 

Kontaminasi pada media yang dipompa menyebabkan kerusakan sehingga Anda perlu melakukan pembongkaran ulang. 

4. Bantalan rusak 

Risiko bantalan di salah satu unit mengalami kerusakan sehingga suara yang dihasilkan tidak normal. Anda butuh pompa vakum yang bisa menghasilkan getaran tidak begitu kuat atau minim noise. Ada baiknya segera lakukan penggantian bantalan bekas dengan bantalan yang baru. 

5. Skala muncul pada elemen kerja

Pada jenis pompa cincin air, masalah endapan garam harus dihilangkan menggunakan formula khusus. 

6. Pompa beroperasi pada mode overheating 

Gesekan bisa menyebabkan masalah overheat yang sering terjadi pada mesin pompa. 

7. Kebocoran cairan

Masalah yang acap terjadi pada mesin pompa vakum adalah kebocoran atau kelebihan cairan. Kinerja perangkat tidak optimal karena kelebihan atau panas yang berlebihan. Selain itu, Anda perlu mengganti bagian yang mungkin sudah aus atau rusak. 

Anda yang hendak membuat pompa vakum untuk kebutuhan industri, wajib memperhatikan banyak hal. Untuk membuat unit peralatan yang dibutuhkan dalam industri, Anda harus mengetahui karakteristik perangkat paling umum yang mencakup nilai kecepatan pompa, tekanan, kinerja perangkat, dan jumlah energi yang dikonsumsi oleh produk tersebut. Anda bisa membuat pompa vakum dari kompresor mobil, kompresor kulkas yang tidak beroperasi dan lain-lain.

Jika Anda tidak memiliki wawasan yang luas dalam membuat pompa vakum sendiri, sebaiknya memilih produk pompa vakum di pasaran. Ada berbagai jenis pompa di pasaran yang memiliki fungsi berbeda sesuai dengan tujuan aplikasi yang diperlukan. Kalau Anda ingin menggunakan pompa vakum untuk mendukung peralatan industri tekstil, makanan, kimia, dan lain-lain, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli pompa vakum industri. 

Supplier vacuum pump Indonesia menyediakan berbagai produk pilihan yang mendukung instalasi industri Anda. Tak hanya memilih pompa vakum yang benar, tim yang memiliki pengalaman bertahun-tahun siap membantu pemasangan peralatan dengan benar. Kredibilitas layanan jasa pemasangan instalasi pompa vakum tidak perlu diragukan dalam menentukan kapasitas dan tekanan yang memenuhi persyaratan peralatan vakum. 

Tim ahli akan membantu Anda memahami komposisi gas yang akan dipompa, uap oli yang dikeluarkan tidak akan mencemari lingkungan, getaran pompa vakum tidak mempengaruhi proses industri, dan penghematan biaya serta perawatan pompa vakum yang efisien. Yuk, hubungi supplier vacuum pump Indonesia yang menawarkan garansi dan kualitas produk yang terjamin!

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label