6 Tips Menghilangkan Bau yang Kurang Sedap di Dalam Mobil

Sebagian besar orang yang memiliki mobilitas tinggi menganggap mobil sebagai rumah kedua. Mobil menjadi tempat yang bisa Anda gunakan untuk istirahat, melakukan make up hingga makan dan lain-lain. Bagi orang yang sibuk, otomotif menjadi kekasih kedua memang sah-sah saja. Jangan heran kalau aroma mobil menjadi kurang sedap karena bau bekas makanan, puntung rokok, bensin yang mengendap, dan penyebab bau yang lain. 


Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahui tips menghilangkan bau tidak sedap pada mobil berikut ini.

1. Mencari sumber bau dan membersihkan bagian kabin yang kotor

Bisa saja penyebab aroma tidak sedap menguar pada kabin karena ada bau yang muncul dari karpet, dashboard atau tempat penyimpanan lain. Jika Anda menemukan kotoran atau bekas sisa makanan yang menyebabkan bau tidak sedap, segera lakukan pembersihan bagian-bagian tersebut. Jika ada bagian mobil yang perlu ganti komponen, segera beli produk yang legal dan bergaransi resmi.

2. Menaburkan bubuk kopi di mobil 

Anda bisa menggunakan cara yang efektif untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada kabin mobil dengan menaburkan bubuk kopi. Bubuk kopi dipercaya bisa menyerap bau yang tidak enak di dalam mobil. Taburkan pada bagian bawah jok atau tempat lain setidaknya satu minggu saja. 

3. Menggunakan baking soda

Langkah efektif menghilangkan bau tidak sedap di dalam mobil Anda bisa menggunakan baking soda. Bahan yang mudah Anda temukan di dapur bisa langsung ditaburkan pada bagian dalam mobil selama semalaman. Dijamin bau yang kurang sedap bisa langsung lenyap keesokan harinya. 

4. Menjaga sirkulasi udara yang bagus 

Otomotif tetap perlu pemeliharaan dan perawatan yang baik agar bisa memberikan kenyamanan untuk Anda. Caranya bisa membuka kaca jendela mobil selama beberapa waktu agar sirkulasi udara bisa berganti. Namun, pastikan Anda memang mematikan AC mobil lebih dulu, ya! 

Kalau mesin AC menyala dan Anda membuka kaca jendela mobil bisa berdampak pada udara kotor ikut masuk ke dalam dan bersarang pada komponen filter kabin mobil. Kinerja AC menjadi kurang maksimal dan tidak mampu mengantarkan udara yang dingin.

5. Rajin membersihkan dan mencuci mobil 

Mobil Anda bisa menjadi lebih nyaman digunakan untuk transportasi harian karena perawatan yang dilakukan secara rutin. Pastikan Anda memang rajin mencuci bodi mobil serta bagian dalam. 

Membersihkan jok mobil efektif menghilangkan bau yang kurang sedap di dalam mobil. Anda bisa menggunakan layanan jasa cuci jok otomotif jika tidak punya waktu untuk membersihkannya sendiri.

6. Memasang parfum mobil yang tepat

Untuk meminimalisir aroma tidak sedap di dalam kabin mobil, sebaiknya Anda memasang parfum mobil. Tetapi Anda tidak boleh asal beli parfum mobil begitu saja tanpa memperhatikan beberapa hal penting. Salah memilih parfum dan meletakkan secara sembarangan malah bisa mempengaruhi mood Anda dalam perjalanan. 

Pilih parfum tipe padat untuk aroma yang tidak terlalu kuat dan letakkan di sisi dashboard. Parfum tipe padat cocok untuk pengemudi yang kurang suka dengan aroma menyengat di dalam mobil. Sedangkan parfum mobil cair yang beraroma kuat dan mudah menguap bisa Anda letakkan di tempat yang rata serta tidak mudah tumpah akibat guncangan mobil. 

Beberapa tips mengatasi aroma yang kurang sedap di dalam mobil bisa Anda coba sendiri. Jangan lupa melakukan servis berkala untuk mengetahui bagian-bagian mobil yang perlu diperbaiki. Misalnya endapan bensin di mobil yang disebabkan oleh kerusakan komponen tertentu bisa menjadi penyebab bau tidak sedap. Peduli dengan perawatan otomotif akan membuat Anda memiliki kendaraan pribadi yang nyaman, lho!

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label